JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah ketatnya persaingan bisnis di tingkat global, koperasi dari Jawa Timur (Jatim) ternyata tetap mampu memanfaatkan peluang pasar internasional. Hal itu dibuktikan oleh Koperasi Mukmin Mandiri asal Sidoarjo, Jawa Timur, yang mengekspor kopi bubuk dengan merek dagang Mahkota Raja ke berbagai negara. Koperasi Mukmin Mandiri merupakan koperasi milik Pesantren Mukmin Mandiri yang merupakan pesantren agro bisnis-agro industri yang berbasis kopi.

"Pesantren Mukmin Mandiri sebagai pesantren agro bisnis, agro industri yang berbasis kopi, mampu menangkap peluang ekspor kopi ke luar negeri," ujar Muhammad Zakki, pemimpin Koperasi Mukmin Mandiri, kepada Kompas.com, Senin (15/8/2016). Zakki menambahkan, dalam proses produksinya, kopi dengan merek Mahkota Raja ini didoakan terlebih dahulu. "Jenis kopi ada robusta dan arabika. Sebelum diproduksi didoakan dulu dengan mengkhatamkan Al Quran dan bacaan selawat Nabi, itu menjadi ciri khasnya," tambah Zakki. Zakki menuturkan, produksi kopi Mahkota Raja mencapai 60 ton per triwulan.

"Saat ini sudah diekspor ke Malaysia, Singapura, Melbourne di Australia, dan bulan November ekspor ke Dubai," tutur Zakki. "Harga kopi untuk pasar lokal Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kilogram, kalau ekspor sekarang ini sudah dua kali lipat sekitar Rp 75.000 sampai Rp 80.000 per kilogram," ujar Zakki. Menurut dia, kesulitan dalam menembus pasar ekspor bisa diatasi dengan dukungan berbagai pihak dan juga menyiapkan produk yang berkualitas dan gencar promosi.

Sumber kompas https://ekonomi.kompas.com/read/2016/08/15/194910626/koperasi.milik.pesantren.ekspor.kopi.ke.berbagai.negara.


Share on Myspace

Pengaduan Online

Statistik Koperasi dan UMKM Kab. Jember

  • Jumlah KOPERASI 1.822 Unit
  • Jumlah Anggota Koperasi 81.805 Orang
  • Jumlah UMKM se Kab. jember 2.410 Unit
  • Jumlah UMKM terdaftar di DISKOP 1.387 Unit
[ periode Mei 2014 ]
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Koperasi dan UMKM Kab. jember