Pemberdayaan UKM berbasiskan IT perlu diciptakan dengan membangun pusat-pusat akses informasi masyarakat (Information Community Access Center) dalam bentuk penyediaan pusat akses masyarakat berbudaya informasi (voice riched community), antara lain dengan penyelenggaraan Warung Telekomunikasi (Wartel) dan Warung Internet (Warnet) yang diharapkan nantinya menjadi Sentra Informasi Bisnis Masyarakat (SIBM). Keberhasilan pemberdayaan UMKM melalui pemanfaatan IT harus berangkat dari swadaya masyarakat sendiri untuk menciptakan dan mengembangkannya sebagai solusi penciptaan peluang usaha baru yang dapat tumbuh menjadi lembaga ekonomi yang kuat.

Dengan melihat pada perkembangan teknologi informasi dan tuntutan pasar yang semakin singkat dan kompetitif, serta lingkungan pengoperasian yang semakin kompleks, maka pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi, khususnya oleh UMKM sebagai modal dasar dalam peningkatan perekonomian nasional harus menjadi pertimbangan untuk terus mengembangkannya. Peranan UMKM dalam perekonomian nasional sangatlah besar. Oleh karena itu, perberdayaan UMKM berbasis IT merupakan langkah strategis dalam upaya membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan daya saing global UKM berbasiskan IT.

Sebagai bagian dari Pemerintah sekaligus pelayan kepentingan masyarakat, Dinas Koperasi & UMKM juga dituntut untuk dapat memanfaatkan Teknologi Digital ini. Informasi-informasi khususnya dunia Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Koperasi, komunikasi dengan masyarakat, publikasi karya UMKM, dan sebagainya adalah kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Berbagai layanan informasi seperti e-Bisnis, e-Commerce, e-Government, Teledukasi, Telemedik, dll yang kesemuanya ini merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara elektronis yang menjanjikan kecepatan, kemudahan, keakuratan sehinga akan berdampak pada rendahnya biaya produksi dengan keuntungan maksimal.

Untuk itu diperlukan pengembangan sebuah sistem informasi manajemen usaha kecil menengah (SIM UMKM) yang memanfaatkan Teknologi Internet dalam memenuhi kebutuhan manajemen di Dinas Koperasi UMKM. Merancang, membangun dan mengimplementasikan aplikasi website yang bisa diakses dari Internet.

Share on Myspace

Pengaduan Online

Statistik Koperasi dan UMKM Kab. Jember

  • Jumlah KOPERASI 1.822 Unit
  • Jumlah Anggota Koperasi 81.805 Orang
  • Jumlah UMKM se Kab. jember 2.410 Unit
  • Jumlah UMKM terdaftar di DISKOP 1.387 Unit
[ periode Mei 2014 ]
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Koperasi dan UMKM Kab. jember