Tugas Pokok dan Fungsi

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 50 Tahun 2008 Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Jember mempunyai kedudukan sebagai berikut :

1)   Susunan Organisasi Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terdiri dari:

  • Kepala Dinas;
  • Sekretariat;
  • Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi;
  • Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;
  • Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM;
  • Kelompok Jabatan Fungsional;
  • Unit Pelaksana Teknis (UPT)

2)    Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang pada hakekatnya menyelenggarakan urusan Pemerintahan Kabupaten baik yang bersifat wajib maupun pilihan.

3)    Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Kabupaten.

4)    Sekretariat dan Bidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) masing-masing dipimpin oleh Sekretaris dan Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

5)    Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mempunyai tugas pokok  melaksanakan urusan rumah tangga daerah di bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, sesuai Peraturan Perundang-undangan yang belaku.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Jember mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan operasional dalam rangka perencanaan, pembinaan, dan pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  • Pembinaan dan pengembangan kelembagaan dan ketata-laksanaan Koperasi.
  • Pembinaan dan pengembangan produktivitas usaha Koperasi.
  • Melaksanakan pembinaan dan pengembangan kelembagaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
  • Pembinaan dan pengembangan pembiayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  • Pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan
  • Melaksanakan evaluasi program dan  pelaporan hasil – hasil pembinaan dan pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi administrasi dan kerumahtanggaan terhadap unsure lingkup kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta melaksanakan urusan perencanaan, pelaporan, kearsipan dan dokumentasi dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Sekretariat mempunyai fungsi meliputi:

  • Pelaksanaan urusan umum kerumahtanggaan dan urusan Sumber Daya Manusia aparatur;
  • Pelaksanan koordinasi penyuluhan dan kehumasan;
  • Melaksanakan koodinasi perencanaan dan penyusunan program tahunan dan lima tahunan.
  • Pengembangan format sistem informasi Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan.
  • Melaksanakan urusan kearsipan umum dan kearsipan Peraturan Perundang-undangan

Sekretariat terdiri dari:

a.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

b.    Sub Bagian Perencanaan; dan

c.    Sub Bagian Keuangan.

Sub Bagian sebagaimana dimaksud, masing-masing dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan ketatausahaan, kehumasan dan kepegawaian dan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan Tata usaha umum dan Tata usaha Pimpinan dinas.
  • Melaksanakan tata naskah dinas dan tata kearsipan.
  • Melaksanakan urusan rumah tangga dan protokal.
  • Mengurus perbaikan kantor dan bangunan lain milik dinas;
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan bidang administrasi perkantoran dan perlengkapan.
  • Mengurus kendaraan milik Dinas.
  • Melaksanakan persiapan upacara, pertemuan dan rapat-rapat dinas serta persiapan penerimaan dan pengaturan tamu.
  • Menyelenggarakan pengelolaan tata usaha kepegawaian meliputi pengumpulan data pegawai, buku induk pegawai, buku induk mutasi, pengangkatan kenaikan pangkat.
  • Membuat konsep tentang tentang cuti, bebas tugas, kenaikan gaji berkala, pembinaan karier dan pensiun pegawai.
  • Menyiapkan bahan dan melakukan upaya dalam rangka meningkatkan disiplin dan kesejahteraan pegawai serta pengembangan pendidikan dan latihan pegawai dilingkup Dinas
  • Menyusun menyusun formasi pegawai dilingkungan Dinas.
  • Melaksanakan usaha peningkatan mutu pengetahuan dan disiplin pegawai.
  • Menyusun rencana kebutuhan barang perlengkapan dan perbekalan.
  • Melaksanakan tata usaha barang peralatan dan perbekalan.
  • Melaksanakan pengadaan, pembinaan, Penggunaan, Penggudangan serta pemeliharaan barang peralatan dan perbekalan.
  • Menyiapkan bahan untuk penyusunan alokasi serta melakukan distribusi barang peralatan dan perbekalan.
  • Menyiapkan bahan untuk penghapusan barang serta melakukan inventaris barang yang dikelola maupun yang dikuasai oleh Dinas.

Sub  Bagian Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan urusan penyusunan program dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Sub  Bagian Perencanaan mempunyai fungsi meliputi:

  • Melakukan pengumpulan data dan penyusunan rencana kegiatan bidang-bidang serta menyusun laporan kegiatan pembangunan pengembangan dan pembinaan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Sumber Daya Manusia.
  • Menyiapkan bahan penyusunan program kerja tahunan dan lima tahunan.
  • Menyiapkan bahan penyusunan pedoman atau petunjuk teknis pengembangan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan.
  • Menyiapkan bahan pengembangan format sistem informasi Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Sub  Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan urusan ketatausahaan keuangan dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Sub  Bagian Keuangan mempunyai fungsi meliputi:

  • Menghimpun dan mengolah bahan-bahan untuk penyusunan anggaran.
  • Menyiapkan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja Dinas.
  • Mengelola tata usaha keuangan atau pembukuan realisasi anggaran pendapatan dan belanja dinas.
  • Melaksanakan perhitungan anggaran dan verifikasi.
  • Melaksanakan tata usaha pembayaran gaji pegawai.
  • Mengurus keuangan perjalanan dinas, penyelesaian tuntutan ganti rugi serta biaya-biaya lain sebagai pengeluaran Dinas; dan
  • Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan bidang keuangan.

Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi

Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi mempunyai tugas melaksanakan upaya pembinaan koperasi baik kelembagaan, usaha koperasi, tatalaksana hukum dan penyuluhan dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi  mempunyai fungsi  meliputi :

  • Melaksanakan rencana kegiatan pembangunan dan pengembangan koperasi baik kelembagaan maupun usahanya.
  • Menyusun pedoman pembinaan organisasi, manajemen, usaha dan administrasi koperasi.
  • Menyusun pedoman pembinaan hukum dalam rangka Pendirian Koperasi, Akta Perubahan Anggaran Dasar Koperasi, dan Pembubaran Koperasi
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengembangan koperasi.
  • Memfasilitasi perkuatan permodalan dan pembiayaan koperasi
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas sesuai bidangnya.

Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi  terdiri dari:

1.    Seksi Kelembagaan

2.    Seksi Bina Usaha

Seksi sebagaimana dimaksud, masing-masing dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi.

Seksi Kelembagaan mempunyai tugas melaksanakan dan mensosialisasikan di bidang kelembagaan dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi.

Seksi Kelembagaan mempunyai fungsi meliputi:

  • Menghimpun dan mensosialisasikan peraturan perundang-undangan dibidang koperasi.
  • Sosialisasi atas permohonan pendirian koperasi
  • Meneliti permohonan akta pendirian dan PAD koperasi
  • Pengajuan permohonan Akta Pendirian Koperasi, Akta Perubahan Anggaran Dasar Koperasi, dan Pembubaran Koperasi.
  • Menertibkan dan menandatangani Surat Keputusan Akta Pendirian Koperasi, Akta Perubahan Anggaran Dasar Koperasi, dan Pembubaran Koperasi.
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengembangan koperasi.
  • Mengadakan pembinaan administrasi organisasi koperasi.
  • Melaksanakan  kegiatan penilaian koperasi berkualitas.
  • Membina pelaksanaan Rapat Anggota
  • Membuat laporan kelembagaan atas perkembangan koperasi.
  • Membuat database koperasi.
  • Mengadakan bimbingan teknis koperasi.
  • Melaksanakan kegiatan revitalisasi koperasi.
  • Melaksanakan kegiatan penyebaran model pola pengembangan koperasi, dan
  • Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas.

Seksi Bina Usaha Koperasi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kelembagaan, Bina Usaha dan Koperasi.

Seksi Bina Usaha Koperasi mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi dibidang agro industri dan agrobisnis.
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi yang bergerak disektor perdagangan dan pertokoan.
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi yang bergerak disektor industri.
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi yang bergerak disektor jasa.
  • Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan administrasi usaha simpan pinjam dan unit simpan pinjam.
  • Mengkoordinasikan dengan instansi/ lembaga terkait dalam upaya pengembangan usaha koperasi.
  • Membina dan membimbing usaha melalui jaringan usaha koperasi
  • Mengendalikan usaha koperasi.
  • Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan usaha dan pengembangan permodalan koperasi
  • Melakukan pembinaan dan pengembangan lembaga keuangan koperasi
  • Koordinasi dengan lembaga keuangan Bank/ Non Bank.
  • Memfasilitasi perkuatan permodalan dan pembiayaan koperasi.
  • Mengendalikan Simpan Pinjam, dan.
  • Melaksanakan penilaian kesehatan KSP/USP Koperasi.

Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai tugas melaksanakan pembinaan manajemen dan usaha kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai fungsi meliputi:

a.   Melaksanakan pembinaan, bimbingan, manajemen dan usaha terhadap para pengusaha mikro, kecil dan menengah

b.   Memfasilitasi perkuatan permodalan dan pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah.

c.   Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas.

Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah terdiri dari:

1.    Seksi Usaha Mikro

2.    Seksi Usaha Kecil dan Menengah

Seksi sebagaimana dimaksud, masing-masing dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Seksi Usaha Mikro mempunyai tugas melaksanakan bimbingan dan peningkatan produk usaha mikro dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Seksi Usaha Mikro mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan bimbingan dan konsultasi peningkatan mutu produksi dan pelayanan jasa/perdagangan usaha mikro.
  • Memfasilitasi bimbingan teknis, bantuan teknologi dan akses terhadap bahan baku usaha mikro.
  • Melaksanaan pendaftaran dan pencatatan/perijinan usaha mkiro.
  • Memfasilitasi terbentuknya institusi masyarakat lokal dalam rangka meningkatkan pendapatan usaha mikro.
  • Memfasilitasi kemitraan antara kelompok usaha mikro dengan usah kecil, menengah, pengusaha besar dan BUMN.
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas

Seksi Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas melaksanakan bimbingan dan konsultasi peningkatan mutu produk usaha kecil dan menengah dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Seksi Usaha Kecil dan Menengah mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan bimbingan dan konsultasi peningkatan mutu produksi dan pelayanan jasa/perdagangan usaha kecil dan menengah.
  • Memfasilitasi pemasaran hasil produk usaha kecil dan menengah.
  • Melaksanakan bimbingan teknis, bantuan teknologi dan akses terhadap bahan baku usaha kecil dan menengah.
  • Melaksanakan perdaftaran dan pencatatan /perijinan usaha kecil dan menengah.
  • Memfasilitasi terbentuknya institusi masyarakat lokal dalam rangka meningkatkan pendapatan usaha kecil.
  • Memfasilitasi kemitraan antara kelompok usaha kecil dengan usaha menengah pengusaha besar dan BUMN.
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas.

Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM

Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pengembangan SDM terhadap Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian jalannya Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  • Melaksanakan monitoring perkembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam rangka menentukan kebijakan pembinaan.
  • Mengadakan koordinasi pelaksanaan tugas pengawasan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia dengan Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
  • Melaksanakan tugas pemberdayaan Sumber Daya Manusia Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas sesuai dengan bidangnya.

Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM terdiri dari:

1.    Seksi Pengawasan

2.    Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia

Seksi sebagaimana dimaksud, masing-masing dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM.

Seksi Pengawasan mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dibidang perkoperasian dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM.

Seksi Pengawasan mempunyai fungsi meliputi:

  • Mempelajari  dan memahami peraturan perundang-undangan untuk melaksanakan tugas.
  • Melaksanakan pemeriksaan/ pengawasan secara periodic dan berkesinambungan.
  • Melaksanakan tanggapan atas pelayanan pengaduan masyarakat tentang permasalahan antar koperasi dengan anggotanya dan koperasi dengan masyarakat dan pengaduan Usaha Mikro Kecil dan Menengah secara perorangan maupun asosiasi.
  • Melaksanakan teguran kepada Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tidak mematuhi dan melaksanakan peraturan perundang-undangan.
  • Melaksanakan panggilan dan peringatan kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tidak/ belum menyampaikan laporan triwulanan, semesteran dan tahunan dan,
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas.

Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia dan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Pengembangan SDM.

Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai fungsi meliputi:

  • Melaksanakan tugas mengembangkan Sumber Daya Manusia melalui kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan.
  • Menyusun pedoman pengembangan Sumber Daya Manusia melalui penerbitan buku-buku panduan kurikulum dan silabi.
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi hasil kemanfaatan program pendidikan, pelatihan dan penyuluhan untuk pengembangan dan pembinaan terwujudnya kualitas Sumber Daya Manusia Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan.
  • Menyusun laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas.


Share on Myspace

Pengaduan Online

Statistik Koperasi dan UMKM Kab. Jember

  • Jumlah KOPERASI 1.822 Unit
  • Jumlah Anggota Koperasi 81.805 Orang
  • Jumlah UMKM se Kab. jember 2.410 Unit
  • Jumlah UMKM terdaftar di DISKOP 1.387 Unit
[ periode Mei 2014 ]
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Koperasi dan UMKM Kab. jember